Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan Komputer yaitu sebuah sistem terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang didesain saling terhubung menggunakan protokol komunikasi agar bisa bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 
Tujuan Jaringan komputer adalah berbagi sumber daya (data, printer, harddisk), berkomunikasi (email, chatting), dan untuk akses informasi (web browsing).

LAN (Local Area Network)

Pada mulanya, jaringan komputer diciptakan dalam kelompok kecil dengan menggunakan kabel sehingga dalam suatu perkantoran memungkinkan bertukaran secara cepat. Jaringan ini disebut dengan jaringan LAN. LAN dibentuk untuk kebutuhan dan kondisi antara lain beroperasi dalam ruang terbatas, daya akses tinggi, koneksi full time, dan kendali secara lokal.

WAN (Wide Area Network)
Dengan meningkatnya kebutuhan manusia untuk kepentingan yang lebih besar maka dikembangkan WAN atau Intranet. Suatu jaringan harus mematuhi aturan jaringan yang dikenal dengan Topologi.
 Ada macam-macam Topologi antara lain
Topologi Bus
Topologi Ring
Topologi Hirarki
Topologi Star

Topologi Bus ada dua macam, yaitu Linear Bus dan T-Bus. Topologi menghubungkan beberapa komputer dengan sistem T atau dengan jaringan yang tersusun secara paralel. Keistimewaan jaringan ini adalah jika salah satu komputer mengalami masalah maka komputer lain masih dapat digunakan dengan baik.



Topologi Ring, Jaringan ini juga disebut jaringan dari titik ke titik. Merupakan perkembangan dari Topologi Bus dan terhubung secara serial. Keistimewaan, tiap komputer memiliki kedudukan yang sama, tidak memiliki titik. Kelemahan, jika salah satu komputer mengalami gangguan maka komputer yang lain tidak dapat beroperasi.



Topologi Hirarki, Pada Topologi ini setiap hirarki jaringan tidak memiliki kedudukan yang sama, tetapi ada top dan down seperti diagram pohon. Terminal yang menguasai kedudukan adalah yang paling tinggi. Keunggulan, data terpusat sehingga mudah untuk dikontrol. Kelemahan, jika jaringan yang lebih tinggi mengalami kerusakan maka jaringan yang lebih rendah tidak dapat digunakan


Topologi Star, untuk topologi ini langsung menghubungkan komputer ke pusat (server). Keistimewaan, cepat berhubungan dengan server sehingga kontrol dapat dilakukan dengan cepat. Kelemahan, jika server mengalami kerusakan maka semua komputer tidak dapat digunakan



Menurut pengalaman saya, Topologi yang sering digunakan adalah Topologi Star
untuk IP jika untuk jaringan kecil (<200 PC) gunakan saja IP private yang kelas C.
standar nya kan di warnet/rental 192.168.X.X dengan Sub net Mask 255.255.255.0.

Semoga Bermanfaat :D




Post a Comment for "Macam-Macam Jaringan Komputer"